Cara Mengunci Folder

Kali ini saya mau ngasih tips buat mengunci folder tanpa menggunakan software
Caranya :
   1. Klik menu Start > Run.
    2. Pada kotak dialog Run ketikkan regedit, lalu klik OK.
    3. Setelah masuk ke dalam jendela registry, cari alamat : HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrent ControlSetControlStorageDevicePolicies.
    4. Jika Folder StorageDevicePolicies belum ada di dalam registry, kita bisa membuatnya dengan cara klik folder Control > Klik kanan pilih New > Key ketik StorageDevicePolicies.
    5. Buat DWORD Value,  caranya klik Folder StorageDevicePolicies klik kanan > New > DWORD Value beri nama WriteProtect . Kemudian dobel klik  pada WriteProtect dan beri nilai 1 pada value data.
    6. Restartlah komputer anda kini data-data anda lebih aman dan tidak bisa dicopy dengan sembarangan.
    7. Kalau ada yang mau copas akan keluar peringatan seperti ini :


 
    8. Untuk mengembalikannya (bisa copas) ganti pada value data pada WriteProtect menjadi 0 .
 
Beberapa cara yang lain yakni dengan menghidden atau super hidden pada folder/file yang ingin kita proteksi. Atau dengan cara memprotek hak akses pada folder/file yang kita inginkan, caranya pada jendela file explorer klik Tools > Folder Options > Properties >View hilangkan tanda centang pada menu use simple file sharing (Recomended) klik OK. Klik pada folder yang ingin kita proteksi klik kanan > Properties > Security, beri centang semua di bawah menu Deny klik OK. Ketika ada yang mengklik  folder tersebut hasilnya akan keluar seperti ini :




Catatan : Cara ini mungkin tidak berlaku untuk orang-orang yang biasa ngutak atik komputer.

Source : http://m-alwi.com/cara-mengunci-folder-dan-drive-usb.html

0 comments:

Post a Comment